Thursday 21 January 2016

Kurikulum Hizbul Wathan

Kurikulum / Silabus Pandu Hizbul Wathan dari golongan Atfhal hingga Penghela. Sebagai salah satu pendidikan luar sekolah, Pandu Hizbul Wathan memiliki Kurikulum atau silabus guna mengatur dan mengelola materi pendidikan kepada para anggotanya.
Kurikulum ini digunakan Pandu Hizbul Wathan agar peserta didiknya tidak merasa bosan dan para pelatih atau pembina tidak kekurangan materi. Format yang dapat diterapkan dalam latihan ke-Pandu-an ini untuk tiap minggu latihannya dapat dibagi sebagai berikut :
  1. Minggu pertama; materi keagamaan, keislaman dan ke-Muhammadiyahan
  2. Minggu kedua; materi Ke-Hizbul Wathanan melingkupi materi pengenalan, mars, semboyan, tata cara upacara, ke dewan kerabatan, dan lain sebagainya.
  3. Minggu ketiga; materi kepanduan yang melingkupi materi baris berbaris, permainan kelompok, tali temali, sandi dan sebagainya.
  4. Minggu keempat, materi pengetahuan umum, seperti cara membuat email, membuat blog, merakit komputer, kepemimpinan, manajemen organisasi dan berbagai materi seputar persoalan remaja.
Kurikulum / silabus untuk Pandu Hizbul Wathan untuk golongan Atfhal (SD kelas 1 s.d. kelas 4), golongan Pengenal (SD Kelas 5 hingga 6 dan SMP hingga kelas 3)
Sumber : awal putra 
Untuk kurikulumnya silahkan download pada link berikut: