Thursday 4 February 2016

Membaca Sandi Rumput

Sandi Rumput merupakan pengembangan dari Kode Morse yang dibuat dalam bentuk lain. untuk dapat membaca Sandi Rumput ini bagi seorang pandu mutlak/ wajib harus menguasai kode-kode Morse atau minimal memiliki catatan tentang kode morse. jika kakak belum mengerti tentang Kode Morse silahkan kunjungi dulu halaman berikut. jika kakak sudah mulai paham silahkan lanjutkan ke tahap selanjutnya.
Di tahap selanjutnya ini kita akan mengenal konsep dari sandi rumput. Sandi Rumput terdiri dari bentuk rumput pendek dan rumput tinggi, rumput pendek mewakili (.) dan rumput tinggi mewakili (-)  dalam kode Morse. Mari kita lihat contoh soal di bawah ini. 

Mari kita bahas contoh diatas. kita bahas dari huruf pertama.

  • Huruf pertama terdiri dari 4 (empat) buah rumput pendek, jadi huruf pertama ini bisa kita tuliskan dalam kode morse (. . . .)  4 (empat) buah titik. atau jika diartikan dalam huruf biasa adalah H.
  • Huruf kedua terdiri dari 2 (dua) buah rumput pendek, sehingga ditulis dalam kode morse (. .) , atau dalam huruf biasa bisa kita artikan huruf I.
  • Kemudian huruf ketiga yaitu terdiri dari 2 buah rumput tinggi dan 2 buah rumput pendek sehingga bisa kita tulis dalam kode morse (- - . .), atau diartikan dalam huruf biasa adalah huruf Z.
  • Untuk huruf selanjutnya bisa dilanjutkan sendiri. dibawah ini adalah yang sudah di rubah ke morse tinggal mengubah menjadi huruf biasa.

  • untuk jawaban Contoh diatas adalah "HIZBUL WATHAN OKE"
Jika kakak sudah paham silahkan beberapa contoh soal sandi rumput dibawah ini bisa digunakan untuk latihan,  atau silahkan gunakan Font Sandi Rumput untuk membantu belajar. link berada dibawah tulisan ini.




Font Sandi Rumput silahkan ambil di bawah ini.
  1. untuk sandi rumput dengan jarak antar huruf pendek. cocok untuk melatih lebih teliti. contoh dibawah ini dan silahkan kunjungi link berikut.
  2. untuk sandi rumput dengan jarak antar huruf lebih panjang. cocok untuk yang baru belajar sandi rumput, karena jarak antar huruf lebih lebar. silahkan kunjungi link berikuti ini.