Saturday 10 November 2018

Memaknai Hari Pahlawan


Perjuangan kemerdekaan tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan yang mengorbankan jiwa raga untuk negara. Kemerdekaan tidak akan tercapai kalau para pahlawan tidak berjuang untuk merebut kemerderkaan. Kemerdakaan tidak sekonyong-konyong kita raih tanpa niatan yang ikhlas di hati para pahlawan kemerdakaan saat itu.

Perjuangan melawan penjajah sangatlah tidak mudah, menderita, dipukul, disiksa, dipenjara, diasingkan dan dipaksa untuk berkerja. Semua itu terjadi dan harus dijalani para pahlawan demi merebut kemerdekaan. Pahitnya penderitaan dilalui demi meraih kemerdekaan dan untuk membela negara keluar dari penindasan.

Hasil dari perjuangan para pahlawan adalah kemerdakaan keluar dari penindasan dan membentuk bangsa yang kuat dan mandiri serta sejahtera. Tujuannya untuk keluar dari penindasan. Para pahlawan ingin keadilan dan kesejahteraan untuk bumi Indonesia.

Perjuangan pahlawan saat itu adalah mengusir penjajah keluar dari bumi Indonesia, yang kerap melakukan kekerasan dan ingin meraup kekayaan bangsa ini. Tidak bisa kita pungkiri perjuangan zaman dulu merupakan perjuangan “ merdeka atau mati”, kalau kita kaji maknanya adalah merdeka adalah keluar dari penindasan dan mengarah kepada kesejahteraan.

Indonesia bangsa yang besar, bangsa yang kuat dan kaya akan sumber daya alam, kita harus mengingat negara ini ada karena jasa para pahlawan yang gugur di medan perang. Penghargaan kepada pahlawan menjadi wujud rasa cinta kepada tanah air. Pahlawan harus di hargai, jangan hanya perayaan seremonial saja.


Pertanyaan saat ini adalah masih adakah pahlawan itu saat ini?. Peringatan hari pahlawan ini menjadikan moment untuk merenungkan apa yang telah lakukan untuk negeri ini. Pahlawan telah mengerjalan bagainnya untuk meraih kemerdekaan. Bagaimana dengan kita?, apakah kita telah mengisi kemerdekaan untuk bebas dari penindasan, penderitaan dan kesengsaraan. .

Pada hakekatnya perjuangan pahlawan itu adalah untuk bebasa dari penderitaan dan kesengsaraan, hakekat itulah yang menjadi perjuangan kita saat ini. Bangsa ini butuh pahlawan-pahlawan yang malawan penderitaan dan kesengsaraan. Perjuangan bukan untuk elitisitas tetapi perjungan untuk membawa negara keluar dari keterpurukan

Semangat hari pahlawan membawa kita kepada perjuangan melawan penindasan dan kesengsaraan seperti kemiskinan, penganggurang, pendidikan mahal, dan lain-lain yang membuat wajah negeri ini semakin terpuruk.

Saat ini bangsa kita bukan lagi melawan penjajah, tetapi melawan pergerakan negara-negara untuk mempengaruhi dan menghancurkan negara kesatuan republik Indonesia serta melawan bangsa sendiri, sulit bagi kita untuk bergerak karena masih melawan masyarkaat sendiri.Banyak gejolak yang terjadi didalam negeri yang mempengaruhi perkembangan dan kemajuan bangsa kita.

Negara kita di lirik negara lain karena negara kita kaya akan sumber daya alam dan stok energy yang banyak. Perjuangan juga menjadi berat karena kita melawan negara kita sendiri.

Peringatan hari pahlawan mengantar kita untuk menyadari dan menakar siapa-siapa saja yang menajadi musuh bangsa ini. Dibutuhkan kesatuan dan persatuan untuk bisa mengetahuinya. Bangsa kita tidak boleh lagi kecolongan. Jangan biarkan bangsa dan lain memakai moment poltik yang memanas untuk menghancurkan negara kita. Karena memang kita sudah membuktikan pada dunia bahwa kita bisa lepas dari keterpurukan, sehingga pertumbuhan Ekonomi masuk peringkat 10 besar dunia.

Negara-negara lain sudah mulai khawatir karena perkembangan ini, maka untuk menghancurkan kita, dilakukan perpecahan. Kita harus menyadari dan mengingat sewaktu negara Belanda menjajah negara kita, dengan politik “pecah belah baru kuasai” kita harus belajar jangan jatuh ke lobang yang sama, memang kalau kita bersatu dunia kita bisa kuasai. Jangan kita mau di pecah belah untuk dikuasai.

Pahlawan saat ini adalah harus bisa melawan dari perpecahan, karena perpecahan akan membawa negara kepada malapetaka. Kita harus bisa melawan itu untuk kebangkitan bangsa ini. Isu politik yang memanas harus bisa kita dinginkan dengan rasa persatuan dan kesatuan. Kemiskinan, pengangguran, perpecahan dan lain sebgainya membuat pahlawan kita menangis.

Moment hari pahlawan membuat kita melawan yang negara para pemecah belah negara ini, melawan arus kapitalis, radikalisme, anarkisme, perpecahan, kemiskinan, pengangguran dan masalah lain yang mewarnai bangsa ini. Kalau kita bersatu tiada satu bangsa yang bisa yang memecah-belah bangsa ini, kita kuat bila kita bersatu. Pahlawan adalah orang yang bisa memberi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dikutip dari: https://www.qureta.com