Sunday 28 June 2015

Libuuuuuuuuurrrrr.....

Horeeeee....

Libur akhir tahun pelajaran 2014/2015 SD Muhammadiyah 2 No 3851/037 Samarinda resmi dimulai tanggal 29 Juni 2015 ini.

Nah..mengisi liburan ,berikut kami sajikan beberapa alternatif lokasi liburan di daerah Samarinda dan sekitarnya... simak ya





1. Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah ini terletak di Bontang, Kaltim, lebih tepatnya di Selat Makassar. Untuk mencapai tempat wisata ini, setidaknya Anda akan membutuhkan waktu kira-kira sekitar 3 jam dari Samarinda. Meski jauh, tapi perjalanan yang lama tersebut akan terpuaskan ketika Anda melihat keindahan Pulau Beras Basah.

Pemandangan pasir putih dan air jernih yang kebiru-biruan akan membuat Anda melupakan lelahnya perjalanan panjang menuju ke tempat ini. Anda juga akan melihat sebuah mercusuar tinggi yang sudah tidak dipakai. Keindahan pulau Beras Basah ini tidak hanya sekedar pasir putih dan panorama pantainya, namun alam bawah laut Pulau Beras Basah inilah yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Jangan lupa membawa bekal karena pulau ini masih alami dan tidak ada penghuninya. Untuk penginapan, Anda bisa menemukannya di kota Bontang.

2. Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pampang
Di Samarinda, ada sebuah tempat untuk berwisata budaya yang cukup populer, yaitu Desa Budaya Pampang. Di sini anda bisa belajar tentang budaya setempat ataupun budaya lain. Desa Budaya Pampang dihuni suku Dayak Kenyah. Setiap akhir pekan tempat wisata ini ramai dikunjungi para wisatawan luar kota ataupun luar negeri.

Yang tak kalah menarik, pada saat petunjukkan seni berlangsung, warga desa mengenakan pakaian adatnya, dan anda juga dapat menyewa pakaian adat mereka, berfoto dengan rumah adat Dayak. Untuk kenang - kenangan dari Desa ini, di sini juga terdapat para penjual souvenir kerajinan khas desa ini.

3. Kebun Raya Unmul Samarinda
Kebun Raya Unmul Samarinda
Kebun Raya Unmul Samarinda
Kebun Raya Unmul Samarinda adalah Tempat wisata pendidikan milik Universitas Mulawaman dan sekarang ini sudah terbuka untuk umum. Jarak menuju Kebun Raya Unmul Samarinda lebih kurang sekitar 10 km dari pusat kita Samarinda. Untuk masuk di area tempat wisata, anda cukup membayar Rp 5.000 / orang.

Di kawasn Kebun Raya Unmul Samarinda terdapat danau besar, anda bisa menyewa sepeda air untuk berkeliling danau atau menggunakan andong untuk berkeliling kawasan ini. Selain itu di tempat wisata ini juga mempunyai kebun binatang mini dan juga museum kayu yang berinformasi tentang berbagai jenis kayu di Kalimantan.

4. Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung merupakan kawasan hijau yang biasa digunakan untuk lokasi berkemah. meski tak berkemah, anda bisa menikmati keindahan Telaga Permai Batu Besaung di sini. Jarak menuju Telaga Permai Batu Besaung sekitar 15 km dari kota Samarida. Ketinggian tanah di kawasan Telaga Permai Batu Besaung ini bervariasi, sehingga sungai yang melaluinya menyerupai air terjun pendek. Disini Anda dapat berendam ataupun bermain air.

5. Pulau Kumala
Pulau Kumala
Pulau Kumala
Pulau Kumala adalah tempat wisata di Samarinda yang letaknya berada di tengah Sungai Mahakam. Pulau Kumala berasal dari pengendapan lumpur sungai. Bentuknya memanjang dan menyerupai perahu yang terbalik. Tempat wisata ini mirip dengan TMII yang ada di Jakarta, hal ini karena Pulau Kumala menggambarkan budaya Kalimantan seperti, candi, adat, dan patung lembu. Tempat wisata ini terletak di sebelah barat kota Tenggarong, atau 27 km dari kota Samarinda. Untuk mencapai pulau ini, anda dapat menyeberang dengan mengunakan perahu motor atau kereta gantung.

6. Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah terletak di Dusun Purwosari, Samarida Utara, Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dan tergolong unik, karena air yang mengalir kelihatannya jernih, namun ketika di bawah, air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini disebabkan tanah di sini berjenis gambut. Di sekitar air terjun tersedia gazebo yang dapat anda gunakan untuk bersantai menikmati keindahan air terjun, warung makan, dan area bermain anak.

Jarak tempuh menuju Air Terjun Tanah Merah lebih kurang sekitar 14 km dari kota Samarinda. Tempat wisata yang satu ini mudah sekali diakses dengan menggunakan transportasi umum, Anda hanya cukup naik angkot jurusan Pasar Segiri – Sungai Siring.

7. Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau
Obyek wisata ini letaknya tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda yaitu tepatnya di jalur Samarinda Bontang km 15. Disini terdapat banyak sekali wahana permainan seperti camping ground, flying fox, kolam renang, kolam pancing, replika hutan, arena bermain anak, gazebo dan kafetaria.

Selain sebagai tempat wisata menarik di Samarinda yang paling banyak dikunjungi oleh keluarga, taman rekreasi ini juga tak jarang digunakan sebagai lokasi outbound untuk anak sekolah maupun karyawan perusahaan.

Untuk masuk ke Taman Rekreasi Lembah Hijau ini Anda harus membeli tiket seharga 5.000 Rupiah per orang. Sedangkan untuk tiket outbound akan dikenakan biaya sebesar 180.000 Rupiah per orang.

8. Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid ini berada di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Masjid Islamic Center dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan tahun 2008. Masjid Islamic Center juga menjadi salah satu tempat wisata religi yang banyak dikunjungi di kota Samarinda.

Bangunan arsitektur masjid Islamic Center terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki, seperti pada kubah besarnya yang bermotif. Masjid ini mempunyai satu menara utama dengan ketinggian 99 meter yang disesuaikan dengan jumlah asmaul husna yaitu 99, dan adanya enam menara dengan ukuran lebih pendek yang melambangkan rukun iman. Bukan hanya itu, anak tangga menuju ke lantai utama masjid pun dibuat dengan jumlah 33 buah, jumlah ini sama dengan butiran tasbih.

Selain sebagai rumah ibadah, masjid ini kini juga menjadi tempat wisata religi terfavorit di Samarinda. Bahkan banyak pengunjung dari luar kota yang berkunjung untuk melihat kemegahan masjid Islamic Center ini. Di malam hari, dari kejauhan masjid ini semakin terlihat cantik dengan latar Sungai Mahakamnya.

9. Kampung Tenun Samarinda
Kampung Tenun Samarinda
Kampung Tenun Samarinda
Jangan lupa sempatkan datang ke kampung khas kota Samarinda ini yakni kampung tenun yang memproduksi kain tenun. Kain tenun khas Samarinda ini memiliki motif kotak-kotak yang sangat cantik. Jika Anda ingin membeli kain tenun untuk oleh-oleh keluarga, bisa datang ke lokasinya yaitu di kecamatan Samarinda Seberang. Di kawasan ini terdapat dua kampung yang menjadi pusat kerajinan tenun ini yaitu di Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

Kedua kampung ini biasanya menjadi tempat wisata bagi pengunjung dari luar kota. Di tempat ini, selain bisa membeli kain, rupanya juga bisa melihat langsung proses pembuatannya. Jadi, menarik bukan? Proses pembuatan kain ini masih terbilang sederhana karena masih menggunakan alat tenun bukan mesin yang disebut Gedokan.

Untuk membuat sehelai kain tenun, waktu yang dibutuhkan sekitar 3-7 hari tergantung tingkat kesulitan motif yang diinginkan. Oleh karena itu, tidak heran jika harganya bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah untuk setiap helainya. Jika menginginkan motif yang berbeda dari yang lainnya, Anda bisa memesannya terlebih dahulu.

10. Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu
Air terjun yang terletak di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara ini memiliki bentuk yang unik yang berupa undakan seperti anak tangga sehingga bisa dinaiki. Bagi Anda yang ingin bermain bersama anaknya jangan khawatir karena Air Terjun Pinang Seribu ini mengalir tidak terlalu deras sehingga relatif aman.

Selain bermain air,bisa juga menyewa sepeda air seharga 15.000 Rupiah yang bisa Anda gunakan untuk untuk mengelilingi danau buatan. Jika Anda hobby memancing bisa juga membayar 10.000 Rupiah untuk memancing di kolam sepuasnya. Di tempat ini juga ada banyak sekali gazebo untuk bersantai sambil menikmati makanan Anda. Tak perlu khawatir jika ingin lebih lama di tempat ini, karena Anda bisa menginap di villa yang terdapat di kawasan Air Terjun Pinang Seribu. Tiket untuk masuk ke Air Terjun Pinang Seribu ini adalah 5.000 Rupiah per orang.